Cara Mudah Mencetak Dokumen Mulai dari Halaman Belakang

By Admin Amazink


Di zaman serba terkomputerisasi seperti saat ini printer memiliki fungsi yang sangat penting terutama untuk mencetak berkas berkas yang telah kita gunakan untuk mencetak. Namun biasanya printer akan mencetak dengan urutan halaman paling depan terlebih dulu dan diikuti dengan halaman belakang atau halaman 1 menuju halaman ke 2, 3 dan seterusnya. Hal ini memang wajar, karena setting default sebuah printer memang seperti itu. Namun jika kamu mencetak dalam jumlah lebih dari 100 lembar seperti naskah skripsi, atau mungkin sebuah pekerjaan kantor dalam jumlah diatas 100 lembar, tentu kamu akan akan membuang banyak waktu untuk mengurutkannya, karena halaman pertama akan berada di urutan paling bawah dan kamu perlu membolak balik halaman satu persatu.

Beberapa jenis printer mempunyai pengaturan default yang berbeda-beda. Misalnya saja printer merek HP. Printer ini memiliki settingan default sudah otomatis mencetak file dari halaman belakang terlebih dulu. Sedangkan printer merek Canon, Brother, ataupun Epson memiliki default setting mencetak berdasarkan urutan dokumen. Hasil cetakan Canon atau Epson akan menumpuk dengan halaman pertama berada dipaling bawah. Untuk kali ini yang akan kami bahas mengenai cara mudah mencetak dokumen dari halaman belakang.

Untuk mencetak dokumen mulai dari halaman belakang kamu dapat melakukannya dengan dua cara sebagai berikut :

  1. Atur Printer Melalui Dokumen
    ?    Pertama buka terlebih dulu dokumen yang akan kamu cetak,
    ?    Selanjutnya tekan Ctrl + P,
    ?    Selanjutnya akan muncul laman print,
    ?    Pada kolom pages isikan halaman terakhir ke halaman paling awal,
    ?    Jika halaman dari dokumen kamu  berjumlah 150 lembar dan klik OK, maka isikan 150-1,  atau jika kamu ingin mencetak secara berkala isikan 150 – 125 pada pages setelah proses cetak selesai isikan Kembali 126 – 96 dan seterusnya.
  2. Atur Printer dari Windows Setting
    ?    Pada dokumen yang masih dalam keadaan terbuka klik printer properties
    ?    Setelah muncul konfigurasi Printer, berikan centang pada Reserve Order, dan klik OK.
    ?    Selanjutnya printer kamu sudah dapat digunakan untuk mencetak dari halaman belakang tanpa mengulang – ulang setting pada cara pertama.

Baca Juga Artika : Mengapa Printer Menggunakan Campuran Warna CMYK?
Baca Juga Artika : Mengenali Duplex Printing dan Cara Menggunakan Fitur Duplex Printing
Baca Juga Artika : Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Laser Berbayang
Baca Juga Artika : Cara Setting Pertama Kali Printer Epson L3210 yang Baru Beli
Baca Juga Artika : Keunggulan dan Kekurangan Metode Transfer Sublimasi

Itulah 2 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencetak dokumen dari halaman belakang, sehingga menjadikan kita tidak perlu lagi mengurutkan dokumen yang kita cetak. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami