Cara Mengatasi Hasil Cetakan Printer Laser Berbayang

By Admin Amazink

Jika kamu salah satu pengguna printer laser, mungkin kamu pernah mendapati hasil cetakan pada printer laser kamu berbayang, hal ini dapat disebabkan beberapa penyebab. Jika hal ini terjadi disaat kamu menggunakan fungsi scanner atau copy bisa saja disebabkan karena terdapat sesuatu yang menghalangi kaca pemantul pada scanner. Namun bagaimana jika hasil cetakan yang berbayang tersebut terjadi pada saat kamu menggunakan fungsi print?
Hal ini biasanya disebabkan karena toner dalam cartridge sudah mulai habis, dan kamu perlu melakukan pengisian ulang toner dalam cartridge. Namun jika toner sudah kamu ganti dan hasilnya masih sama saja kamu dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi permasalahan cetakan berbayang pada printer laser:
1.    Lakukan Pengecekan Pada Doctor Blade
Permasalahan hasil cetak yang berbayang pada printer laser, biasanya disebabkan karena terdapat bekas toner yang menempel di sepanjang karet doctor blade. Untuk mengatasinya kamu perlu melepas doctor blade terlebih dulu untuk kemudian dibersihkan menggunakan air. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati karena karet pada doctor blade sangat tipis.
2.    Lakukan Pengecekan Pada Wiper Blide
Jika dengan cara pertama hasil cetakan pada printer laser kamu masih berbayang, ada baiknya kamu melakukan pengecekan pada bagian wiper blade dalam cartridge toner. Jika terdapat kerak toner yang menempel pada sepanjang wiper blade bersihkanlah kerak toner tersebut menggunakan air. Lakukan dengan hati – hati dan jangan terlalu menekan wiper blade Ketika membersihkannya. Jika kerak toner terlalu membandel kamu dapat menggunakan contact cleaner untuk membersihkannya.
Namun jika komponen wiper blade sudah mulai aus dan sudah tidak layak pakai kamu dapat menggantinya dengan wiper blade yang baru.
3.    Lakukan Pengecekan Pada Bagian Drum
Jika dengan kedua cara diatas masih belum berhasil, cobalah untuk mengecek drum dalam cartridge toner, jika terdapat goresan pada bagian drum, kamu dapat menggantinya dengan drum yang baru. Karena pada dasarnya drum yang sudah mengalami kerusakan tidak akan dapat diperbaiki.
Dan itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menangani hasil cetakan berbayang pada printer laser. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami