Mengenali Duplex Printing dan Cara Menggunakan Fitur Duplex Printing

By Admin Amazink

Terkadang disaat kita akan membeli sebuah printer baru kita melihat – lihat terlebih dulu brosur terkait printer yang akan kita beli, dan terdapat istilah duplex printing yang tercantum dibagian brosur. Lalu apa duplex printing itu sendiri?
Definisi dari duplex printing itu sendiri sebenarnya cukup sederhana, yaitu mencetak pada kedua sisi kertas, atau bisa juga disebut dengan mencetak bolak – balik. Printer yang telah dilengkapi dengan fitur duplex printing dapat membalikkan lembaran kertas setelah satu sisi selesai dicetak. Hal ini akan sangat memudahkan kamu untuk mencetak pada kedua sisi kertas.
Pada dasarnya semua jenis printer dapat melakukan pencetakan secara bolak – balik secara manual, namun mencetak pada kedua sisi kertas secara manual akan memakan waktu yang cukup lama karena kamu harus membalikkan kertas secara manual. Namun kini produsen printer semakin banyak mengeluarkan produk printer yang dilengkapi dengan fitur auto duplex printing. Jadi dengan fitur auto duplex printing kamu tidak perlu lagi membalikkan kertas secara manual agar tercetak pada kedua sisinya.
Setting yang dilakukan pada printer juga bisa dibilang mudah. Disini kami menggunakan printer Epson WF – C5790, untuk seri Epson serinya sama, untuk merk lain seperti Canon, HP dan Brother ada kemungkinan caranya sedikit berbeda. Untuk caranya sendiri sebagai berikut :

  1. Buka dokumen yang akan dicetak secara bolak – balik.
  2. Kemudian tekan Ctrl + P atau kamu juga bisa dengan cara klik file dan klik print.
  3. Lalu klik printer properties
  4. Setelah tampilan properties seperti pada gambar berikut
     
  5. Setelah muncul propertieas seperti pada gambar diatas, klik auto pada 2-seded printing dan klik OK
  6. Lalu klik print untuk mencetak.

Dan itulah tadi pengertian duplex printing dan cara menggunakan fitur duplex printing. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.



About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami