Cara Memperbaiki Error Code 0x97 pada Printer Epson WorkForce series

By Admin Amazink

Sebagian besar pengguna Printer Epson Work Force series seperti WF-3640, WF-4630, ataupun WF-7610 yang sudah lama dalam pemakaiannya terkadang mengalami permasalahan pada printer Epson Work Force yang dimana printer tiba – tiba tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen, biasanya permasalahan ini akan diikuti dengan munculnya kode error 0x97 yang mencul di layar printer mereka.

Baca Juga Artika : Cara Memperbaiki Error Code 0x97 pada Printer Epson WorkForce series
Baca Juga Artika : Solusi Mengatasi Error 0x0000011b Saat Sharing Printer

Biasanya hal ini disebabkan karena koneksi antara komputer dengan printer Epson workforce tidak tersambung dengan baik. Namun indikasi lain juga dapat menyebabkan printer Epson WorkForce tidak dapat digunakan dan muncul error kode 0x97. Untuk mengatasinya kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut :

  1. Nyalakan Ulang Printer Kamu
    Cobalah untuk menyalakan ulang printer kamu. Dengan cara matikan dan lepaskan kabel power, lepas juga kabel USB yang menghubungkan printer dengan komputer. selanjutnya pasang kembali kabel power printer, dan nyalakan printer dengan cara menekan tombol power seperti biasanya. Dan jangan lupa untuk memasangkan kembali kabel USB yang menghubungkan printer Epson WorkForce dengan komputer kamu. Jika kode error 0x97 sudah tidak muncul pada layer indikator printer, maka selamat kamu sudah berhasil mengatasi permasalahan tersebut. Namun jika kode error 0x97 masih muncul di pada layar indikator printer Epson WorkFoce kamu dapat mengikuti langkah berikutnya.
  2. Update Driver Printer Epson Work Force
    Menggunakan driver Epson yang sudah terlewat update juga dapat menyebabkan permasalahan error 0x97 muncul pada printer Epson Work Force. Untuk menghindari permasalahan tersebut, kamu dapat mencoba untuk memperbarui driver printer kamu. Berikut adalah petunjuk untuk memperbarui driver printer kamu :
    => Buka Run menggunakan tombol Windows + R pada keyboard.
    => Ketikan devmgmt.msc dan tekan enter.
    => Pada layar berikutnya, kamu akan melihat semua driver perangkat keras yang terhubung dengan komputer kamu.
    => Kemudian klik dua kali pada ‘Printer’.
    => Klik kanan pada printer yang ingin kamu perbarui, lalu pilih update driver.
    => Jika komputer kamu terhubung dengan internet, pilih search automatically for drivers. Namun jika tidak terhubung dengan internet kamu perlu mendownload driver printer kamu secara manual. Untuk mendownload driver printer Epson WorkForce kamu dapat membuka situs resmi Epson.
    => Setelah kamu memilih search automatically for drivers dan prosesnya sudah selesai, restart komputer kamu dan cobalah untuk mencetak sebuah dokumen.
  3. Periksa Cartridge Tinta Kamu
    Masalah error kode 0x97 pada printer Epson WorkForce juga dapat disebabkan karena nozzle pada cartridge tersumbat endapan tinta. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memperbaiki masalah ini:
    => Keluarkan semua cartridge tinta dari printer dan letakkan di permukaan yang bersih dengan posisi terbalik.
    => Setelah semua cartridge tinta dilepas, lepaskan print head
    => Bersihkan area nozzle pada print head dengan hati – hati menggunakan kain halus bebeas serat, dan gosok dengan perlahan sampai aliran tinta berhenti menetes.
    => Pasang kembali print head seperti semula
    => Tempatkan cartridge tinta kembali ke slot masing-masing
    => Nyalakan printer dan lihat apakah error kode 0x97 sudah tidak muncul lagi pada layar printer kamu.









About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami