Standar Kapasitas Cetak Pada Cartridge Toner

By Admin Amazink

Rekan-rekan AMAZiNK yang memakai printer laser, pasti sudah terbiasa dengan tulisan page yield toner di cartridge toner dengan angka kapasitas toner tersebut. Angka tersebut dibuat menggunakan pengujian standar ISO yang dilakukan oleh pabrikan printer maupun pabrikan cartridge toner

Standar ISO/IEC 19752 digunakan untuk menguji hasil cetak cartridge monochrome/black. Standar pengujian cartridge monochrome berupa file yang mewakili area cetak sebesar 5% per halaman A4. Kemudian dengan file tersebut dilakukan proses cetak berulang - ulang hingga toner pada cartridge habis dengan mode normal. Contoh area cetak bisa dilihat di gambar.

Sedangkan untuk cartridge toner colors ada standar tersendiri, pengujiannya menggunakan ISO/IEC 19798, filenya terdiri dari 5 lembar berupa campuran teks, grafis & halaman coverage area 20%. Prinsip kerja pengetesannya sama dengan cartridge monochrome.

Jadi, jika sebuah seri cartridge toner monokrom dinyatakan dengan page yield up to 1600 pages, itu artinya cartridge dengan seri tersebut jika digunakan untuk mencetak dokumen dengan coverage area 5% seperti contoh tersebut dengan standar ISO/IEC 19752 , maka akan bisa menghasilkan kurang lebih 1600 lembar halaman A4.

Jika dokumen yang dicetak melebihi coverage 5%, atau lebih rapat lagi maka tentunya jumlah hasil cetak juga menjadi lebih sedikit dan angka 1600 pages tersebut tidak tercapai ketika toner habis. Settingan ketebalan cetak, font yang digunakan, dan kondisi part printer juga sangat berpengaruh pada tercapai atau tidaknya angka page yields pada cartridge toner. AMAZiNK menggunakan Standar ISO/IEC 19752 dan ISO/IEC 19798 pada setiap cart


Semoga bermanfaat


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami

https://www.hulusungaiselatankab.go.id/slot+gacor+thailand/