Mengenal 5 Kode Error Pada Printer Canon


Seperti yang sudah Sobat Amazink ketahui bersama, bahwa principle printer inkjet baik Canon, Brother, Epson, HP atau merk-merk printer lain sudah memberikan kita notifikasi/peringatan ketika terjadi sesuatu yang tidak normal bisa karena kerusakan part atau ada hal lain yang menyebabkan printer tidak bekerja sebagaimana mestinya. Nah, kali ini tim technical support Amazink akan mengenalkan kepada sobat amazink mengenai error kode pada printer canon secara umum. Berikut ini adalah 5 kode error yang biasanya muncul pada printer ink jet Canon secara umum. 

 

1. Error B200

Error B200 ini biasanya disebabkan oleh 3 hal, yang pertama bisa disebabkan dari cartridge printer, yang kedua bisa disebabkan rumah cartridge printer dan yang ketiga disebebkan kerusakan komponen mainboard printer. Solusi untuk masalah ini kita bisa mengganti komponen yang rusak tersebut.

 

 

 

 

2. Error 5100

Error 5100 disebabkan pergerakan rumah cartridge yang tidak normal, kemungkinan penyebab masalah ini biasanya pada sensor panjang (sensor line) yang kotor, rumah catridge yang rusak atau yang terakhir bisa disebabkan oleh jalur infuse printer yang tidak lancar pada printer yang dipasangi sistem infus printer (CISS). Pemasangan jalur infus yang kurang rapi juga bisa menyebabkan terganggunya pergerakan rumah catridge dan menimbulkan munculnya error ini.

 

 

 

3. Error 1688/ Run Out

Error 1688, ya terdengar asing memang tapi terkadang error tersebut muncul bersama notifikasi Run Out (mungkin lebih familiar). Hal ini terjadi karena pendeteksi printer mendapati bahwa tinta pada catridge terdetesi dalam kondisi low, atau habis. Untuk menangani error ini cukup dengan menekan tombol resume pada printer 5-10 detik. 

 

 

 

4. Error 5011 

Error ini biasanya disebabkan karena 2 hal, yang pertama scanner printer error dan dari mainboard printer tersebut yang rusak . Pada bagian scanner biasanya bisa terjadi kerusakan pada fleksiblenya, entah itu patah pada kabelnya atau bahkan bisa juga dari motor penggerak scanner dan optic scannernya. Kalau dari mainboard biasanya disebabkan karena soket flexible scanner yang error/sudah rusak.

 

 

 

5. Error 5B00

Error 5B00 ini biasanya disebabkankan karena counter printer yang sudah penuh. JIka diibaratkan motor, kilometer motor tersebut sudah mencapai batas maksimal. Nah untuk mengatasi eror tersebut kita mesti meresetnya kembali ke nol. Sering kita mendengarnya reset software, reset software bisa dilakukan dengan software resetter tertentu sesuai dengan tipe printer tersebut dan terkadang kita harus masuk save mode terlebih dahulu untuk bisa mereset software.

 

 

 

Jika hal-hal tersebut terjadi pada printer Canon yang Anda gunakan, sebaiknya konsultasikan ke servis printer terdekat di daerah sekitar Anda. Sekian pengenalan mengenai kode error printer canon secara umum. Akan kami bahas kembali mengenai hal teknis printer lain di artikel kami yang lain. Stay Connected with AMAZiNK. 

 

 

 

 

Share Artikel Ini :