Tips Merawat Printer Thermal

By Admin Amazink

Printer thermal merupakan salah satu jenis printer yang masuk pada golongan printer impact. Proses cetak printer ini dengan memakai gulungan kertas. Proses  kerjanya dengan mengambil gulungan kertas itu lalu berubah menjadi gelap jika dipanaskan. Saat sedang proses mencetak, kertas akan ditarik bersebelahan dengan kepala cetak yang isinya pemanas elektronik canggih. Biasanya printer ini dipakai pada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan hasil cetak cepat seperti misalnya untuk mencetak resep makanan, daftar harga, kasir, label barcode dan lain-lainnya.

Sekarang banyak yang menggunakan printer thermal dalam pekerjaan baik dalam sekala besar maupun kecil. Pentingnya printer thermal dalam operasional mengharuskan printer harus selalu kondisi terbaik. Berikut beberapa tips agar printer thermal awet dan selalu optimal.

 

Tips Pertama

Jagalah print head di printer thermal tersebut, pastikan tetap bersih. Baca secara detail instruksi dan ikuti rekomendasi dari masing-masing jenis tipe dan merk pabrik untuk membersihkan kepala printer atau print head. Secara umum, kepala printer harus dibersihkan dengan alkohol Isopropil dengan kadar setidaknya 70%. Untuk printer thermal transfer, print head atau print head harus dibersihkan ketika mengganti kertas. Untuk printer thermal langsung, print head harus dibersihkan ketika kalian mengganti media.

 

Tips Kedua

Jangan gunakan benda tajam untuk menghilangkan kemacetan saat terjadi pada kertas ataupun label. Printer thermal memiliki plat-plat berbahan karet biasanya yang mendorong media keluar dari bagian depan printer. Rol ini juga memberikan tekanan balik ke kepala cetak sehingga kalian dapat mencetak dengan rata dan maksimal. Jika rol dipotong, titik lunak ini tidak akan dicetak dengan jelas dan hasil cetakan akan buram dan tidak maksimal. Hal ini akan menjadi masalah besar untuk hasil cetak label ataupun barcode. Pastikan juga untuk membersihkan plat-plat tersebut dengan alkohol seminggu sekali minimal untuk menghindari penumpukan residu yang dapat menyebabkan masalah dalam jangka panjang.

 

Tips Ketiga

Bersihkan debu pada printer thermal setidaknya sekali atau dua kali setiap minggunya. Bersihkan juga bagian pemotong kertas untuk printer thermal yang memiliki fitur automatic paper cut dari sisa-sisa kertas yang menempel. Jika ruangan tempat kalian menyimpan printer thermal tersebut ber AC, pastikan untuk printer tersebut agar tidak dalam keadaan lembab. Apabila printer thermal terus menerus dalam keadaan lembab juga tidak baik untuk memaksimalkan masa pakai printer tersebut dalam waktu yang panjang. Hal tersebut dikarenakan printer thermal yang terus-menerus dalam keadaan lembab akan cepat dan mudah rusak. 

 

Untuk memaksimalkan cara membersihkan dan merawat printer thermal kalian, memang lebih baik untuk mengikuti instruksi yang tercantum dalam buku petunjuk dari masing-masing merk, jenis, dan tipenya. Masing-masing dari merk, jenis, dan tipe printer thermal pastinya memiliki cara dan perawatan yang berbeda agar lebih dapat hasil yang maksimal untuk printer tersebut lebih tahan lama.

 


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami