5 Penyebab Printer Cepat Rusak

By Admin Amazink

1. Lama Tidak Dipakai
Penyebab kedua mengapa printer Anda cepat rusak, yaitu karena terlalu lama tidak digunakan. Bagian yang paling sering mengalami kerusakan biasanya pada catridge. Tinta yang ada pada print head (catridge) akan mengeras dan menyebabkan tinta tidak lancar saat di hidupkan kembali. Akibatnya, komponen bekerja ekstra yang juga dapat menyebabkan kerusakan. Untuk mengatasinya Kamu harus menggunakan printer secara berkala.

 

2. Terlalu Banyak Mencetak
Jika Anda mencetak terlalu banyak tanpa jeda, hal tersebut dapat menurunkan daya tahan printer tersebut. Cara terbaik untuk mencetak dalam jumlah banyak yaitu dengan cara membagi menjadi beberapa bagian. Ketika Anda dihadapkan pada tugas mencetak dalam jumlah banyak, maka cetaklah secara bertahap, misal 20 lembar saja dalam sekali perintah print. Kemudian beri waktu sekitar 2 hingga 3 menit untuk print head istirahat dan kembali lanjut mencetak, begitu seterusnya.

 

3. Arus Listrik Tidak Stabil
Jika di rumah atau kantor Anda sering mengalami mati lampu, daya listrik yang rendah, atau arus listrik yang tidak stabil, bisa mengakibatkan kerusakan pada part-part printer yang sensitif dengan arus listrik. Solusinya adalah menggunakan alat-alat listrik tambahan seperti inverator, stabilizer, maupun UPS. 

 

4. Printer Tidak Dirawat Dengan Baik
Jangan lupa membersihkan printer secara fisik maupun melalui cleaning system yang disediakan oleh printer. Sesuaikan saja dengan kepadatan penggunaan mesin printer Anda, bisa seminggu sekali hingga sebulan sekali. Tergantung sesering apa printer digunakan. Jika Anda tidak merawat printer dengan baik maka komponen lainnya juga akan cepat rusak. Memaksa printer untuk mencetak pada tegangan listrik yang tidak normal bisa menyebabkan printer cepat rusak juga.

 

5. Sering Kehabisan Tinta
Penyebab selanjutnya adalah sering kehabisan tinta. Untuk mencegah rusaknya print head (catridge), tinta harus selalu ada. Jika tinta habis, print head akan mengalami panas yang tinggi, akibatnya arus pada print head akan mengalami korsleting. Cara mengatasi masalah ini juga cukup mudah. Anda dapat memantau secara berkala kondisi tinta agar tetap ada. Akan lebih baik lagi jika Anda selalui sedia tinta AMAZiNK yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi agar printer dapat isi ulang kapan saja.


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami