Mengapa Printer Menggunakan Campuran Warna CMYK?

By Admin Amazink

Kini sudah semakin banyak printer yang beredar dipasaran, jenisnya pun beragam, dari inkjet, hingga laserjet, fungsi sebuah printer pun kini semakin beragam, ada yang memiliki fitur print saja dan ada juga yang memiliki fitu print scan copy. Namun dari keberagaman merk dan jenis printer tersebut metode percampuran warna yang digunakan tetap sama, yaitu CMYK atau Cyan, Magenta, Yellow, dan Key atau Black. Tahukah kamu mengapa demikian? Mengapa banyak produsen printer yang menggunakan kombinasi warna CMYK dan tidak menggunakan kombinasi warna lainnya?
Untuk menjawab pertanyaan diatas baca lebih lanjut artikel mengenai mengapa printer menggunakan kombinasi warna CMYK.

Baca Juga Artika : Cara Cetak Dengan Cartridge Warna Saja di Printer Canon Ip2700
Baca Juga Artika : Tips Meningkatkan Kualitas Hasil Cetak Berwarna Printer
Baca Juga Artika : AMAZiNK Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001 : 2015
Baca Juga Artika : MENGENAL JENIS TINTA PRINTER INKJET
Baca Juga Artika : Hasil Print Tidak 100% Sama Dengan Yang Ditampilkan Pada Layer Komputer


Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat dua kombinasi warna yang digunakan untuk mencampur sebuah warna yaitu RGB dan CMYK. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar dan telah kita bahas pada artikel Perbedaan RGB dan CMYK yang lalu.
Mengapa Printer Menggunakan Tinta CMYK bukan RGB?
Pada dasarnya, kedua model warna ini memiliki sifat yang saling berlawanan. RGB (additive) dari yang awalnya hitam menjadi putih, sedangkan CMYK (subtractive) dari putih menjadi hitam dengan banyaknya warna yang ditambahkan.
Alasan itulah yang mendasari printer menggunakan tinta dengan kombinasi warna CMYK dibandingkan dengan RGB. Ketika kita mencetak, media seperti kertas justru menyerap warna dan memantulkan warna yang ada, tidak memancarkan cahaya seperti halnya sebuah layar.
Penggunaan tinta dengan warna dasar cyan, magenta, dan yellow yang sejatinya lebih terang dari red, green, dan blue juga menjadi alasan lain digunakannya model warna CMYK di dunia percetakan. Karena dengan dasar media cetak yang berwarna putih, semakin banyak pigmen warna yang ditambahkan akan membuatnya semakin gelap.
Kekurangan tinta CMY yang tidak bisa memberikan warna hitam sempurna akhirnya dikompensasi dengan tambahan warna hitam sebagai key, sehingga jangkauan warnanya menjadi lebih beragam.
Demikian penjelasan mengenai alasan tinta printer menggunakan model warna cyan, magenta, yellow, dan key (black). Semoga artikel kali ini semakin menambah wawasan kamu mengenai dunia percetakan yang ada di sekitar kita.
Bila ada pertanyaan, jangan ragu untuk tulis di kolom komentar ya, kita diskusi lebih lanjut disana. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya disini. Terima kasih.


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami