Tips Menangani Printer Laser Tipis Sebelah

By Admin Amazink

Pada artikel yang lalu telah kita bahas mengenai printer yang hasil cetaknya terpotong, permasalahan tersebut disebabkan karena pengaturan pada printer itu sendiri. Namun bagaimana jika yang kamu alami pada printer laser hasil cetakannya hanya setengah halaman, pada sisi bagian kanan tampak jelas, dan pada sebelah kiri hasil cetakan tidak jelas alias samar - samar, atau kesebaliknya. Hal ini bisa saja disebabkan karena toner dalam cartridge sudah mau habis. Namun bagaimana jadinya jika hal ini terjadi setelah kamu melakukan pengisian toner? Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mengikuti langkah – langkah berikut untuk melakukan penanganan pertama :

  1. Serbuk Toner Dalam Cartridge Tidak Merata
    Pengisian toner dalam drum tidak merata, sehingga menghasilkan cetakan yang tipis sebelah. Untuk mengatasinya kamu perlu melepaskan cartridge yang terpasang pada printer kemudian mengocok cartridge toner secara perlahan. Setelah dirasa toner dalam cartridge sudah merata pasang Kembali cartridge kedalam printer, dan cobalah untuk mencetak dokumen atau melakukan print test page.
    Jika dengan cara diatas masih belum berhasil cobalah untuk memutar roller magnetic yang terdapat pada sisi sebelah kanan atau kiri cartridge toner. Caranya ambil lagi cartridge toner secara perlahan yang telah terpasang tadi. Kemudian setelah cartridge toner sudah dikeluarkan dari unit printer, putar tuas berwarna putih pada cartridge toner sampai serbuk toner meratarata.
  2. Drum Pada Cartridge Toner Kotor
    Jika dengan cara pertama belum berhasil ada kemungkinan drum pada cartridge toner terhalang oleh kotoran, baik itu berupa debu atau bisa juga berupa serpihan kertas yang menempel pada drum. Yang perlu kamu lakukan jika mengalami ini adalah buka kembali penutup printer dan ambil cartridge tonernya. Setelah itu bersihkan bagian drum yang kotor dengan kain tusi atau kain yang halus. Jika sudah selesai pasang kemali Drum secara perlahan.
  3. Drum Kotor
    Jika hasil cetakan masih belum sempurna ada kemungkinan drum yang terdapat di dalam cartridge kotor disebagian sisinya, sehingga cetakan yang dihasilkan hanya setengah halam saja, untuk mengatasinya kamu dapat membersihkan drum pada cartridge menggunakan kain yang tipis dan halus.
  4. Durm Sudah Mulai Aus
    Jika hasil cetakan pada printer kamu masih belum sempurna ada kemungkinan terdapat goresan pada bagian drum yang terdapat pada cartridge. Biasanya goresan pada drum dapat terjadi karena banyak hal.  Untuk mengatasinya kamu dapat mengganti drum pada cartridge. Jika merasa kesulitan untuk melakukan penggantian pada drumnya, kamu dapat mengganti cartridgenya sekaligus, atau kamu dapat membawanya ke service center terdekat
Jika menggunakan beberapa Langkah diatas sudah dilakukan namun setelah beberapa saat printer kembali mencetak tidak jelas, kemungkinan besar serbuk dalam toner sudah sedikit. Silahkan lakukan pengisian serbuk pada toner untuk mengatasi masalah ini.


About Blog

AMAZiNK senantiasa hadir dengan hasil cetakan hebat secara efsien dan maksimal. Dapatkan informasi seputar printer dan informasi AMAZiNK terbaru di halaman ini.

Newsletter

Dapatkan Informasi dan Membership dengan bergabung di website kami